Sejarah Futsal

24 Juli 2009

Bagaimanakah sejarah futsal hingga eksis seperti sekarang?Tahukah Anda?Tahukah Anda, apa kesamaan dari pemain-pemain sepakbola terkenal seperti Pele, Ronaldo, Romario, dan Ronaldinho?Semua memiliki kemampuan dribel yang mengagumkan (Betul!)Semua memiliki umpan akurat (Betul!)Semua pemain itu memiliki kreativitas dan intuisi yang hebat dalam bermain sepakbola.
Dan fakta sesungguhnya, kesamaan diantara mereka adalah, mereka mengawali karir sepakbolanya dari bermain Futsal! Dari Futsal inilah kemampuan dribel, keakuratan umpan dan kreativitas mereka terasah dengan baik. Dengan Futsal, mereka terbiasa menghadapi tekanan lawan dalam jarak yang sempit, sehingga mereka terbiasa mengambil keputusan dengan cepat, juga mengharuskan mereka untuk selalu bergerak mencari posisi dan peluang.Saya mendapat banyak manfaat dari Futsal.
Permainan cepat dengan umpan-umpan pendek sungguh berbeda dari sepak bola lapangan besar, sehingga kita harus lebih banyak berpikir dan cepat mengambil keputusan. -Ronaldinho, Pemain Timnas Brasil dan Pemain Terbaik FIFA 2006 Futsal dan Sepak BolaSaat ini Futsal menjelma menjadi salah satu olah raga yang paling digemari masyarakat Indonesia.
Jika kita coba lihat fakta di Google Trends, Indonesia ada di peringkat ke 3 dalam pencarian topik tentang futsal. Dimana urutan pertama dan kedua diduduki oleh Portugal dan Brazil, yang kedua negara ini memang terkenal kuat tradisi sepak bolanya.Baik dengan kita sadari atau tidak, dari fakta itu kita bisa simpulkan, bahwa animo masyarakat tentang futsal ini sungguh luar biasa. Hanya prestasi futsal Indonesia yang masih kalah jauh dari kedua negara tersebut.Keberadaan Futsal saat ini tidak bisa dipisahkan begitu saja, karena memang Futsal sendiri memang pengembangan dari Sepak Bola. 
Futsal ditemukan secara tidak sengaja, oleh seorang pelatih sepak bola yang kesal karena latihan menjadi tidak efektif karena guyuran hujan yang terus menerus. Lalu pelatih memindahkan latihan di tempat indoor / tertutup, jadi aman akan guyuran hujan. Lama-kelamaan, sepak bola indoor ini berkembang menjadi Futsal.
Cerita lengkap tentang asal mula Futsal ini bisa dibaca di Asal Mula Futsal 
http://qalam-fc.blogspot.com/2009/07/asal-mula-futsal

0 komentar:

Posting Komentar

Info Futsal

 
 
 
 
Copyright © Qalam FC